DIALOG. Design, Style, dan User Interface Software

 



Mata kuliah: Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)


Desain Dialog

    Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer. Dalam mendesain sebuah dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan. 


Dialog Style

  • Command Language
Merupakan paradigma user interface yang pertama kali.
Contoh: MS-DOS shell, UNIX shell, dBase.
Keuntungan: 
- Lebih cepat.
- Dapat melakukan kegiatan meskipun di luar batas.
- Perulangan
- Implementasi yang mudah dan hemat.
Tujuan:
- Penamaan dan pemberian singkatan yang baik.
- Melakukan tugas perancangan dapat membantu meminimalkan kekurangan.

  • WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer)
Berfokus pada Menus, Buttons, Forms, Icons.

  • Direct Manipulation (DM)
- Kesinambungan tampilan dari objek-objek dan aksi-aksi yang dilakukan.
- Cepat, dapat dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya dapat segera terlihat.
- Penggantian dari sintaks command language dengan manipulasi langsung pada objek.

Keuntungan:
- WYSYWIG (What You See Is What You Get)
tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya.
- Mudah dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula.
- Fleksibel
- Menyediakan konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat 
mengetahui apakah tujuan telah tercapai.
- Membatasai beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi.

Kekurangan:
- Penggunaan seluruh ruang pada layar.
- Harus mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak pada layar.
- Tampilan visual mungkin dapat disalah artikan.
- Penggunaan mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan.
- Tidak ada penjelasan otomatis.
- Tidak bagus pada: pengulangan, penyimpanan history, tugas tertentu (seperti 
merubah semua huruf cetak miring menjadi cetak tebal), variabel.

  • PDA & Pen
– Menjadi lebih umum dan penggunaan yang lebih luas.
– Tampilan yang lebih kecil (160×160 atau 320×240).
– Tombol-tombol yang lebih sedikit, interaksi melalui “pen” (atau stylus).
– Peningkatan wireless, warna, memory yang lebih besar, CPU dan OS yang lebih baik.
– Palmtop vs Handheld.


  • Speech dan bahasa natural
Adalah getaran pada suara menimbulkan bunyi “ahh”. Mulut, tenggorokan, bibir 
membentuk bunyi.
Input speech:
– Pengenalan speaker.
– Pengenalan suara.
– Pemahaman bahasa natural.
Natural Language:
– Memberi arti pada kata-kata.
– Input dapat berupa suara atau dari keyboard.

Keuntungan:
– Mudah dipelajari dan diingat.
– Lebih kuat.
– Cepat, efisien (tidak selalu).
– Layar yang kecil.

Kekurangan:
– Belum dapat bekerja dengan baik.
– Mengasumsikan pengetahuan dari permasalahan.
– Membutuhkan keahlian pengetikan. Peningkatan tidak terlihat.
– Implementasi membutuhkan biaya yang mahal.



User Interface Software

Alat Bantu User Interface:
Aplikasi apa yang biasa digunakan oleh programmer untuk membuat program.
Kombinasi dari objek-objek interface dan perilaku manajemen.
Sekarang sudah object-oriented.

Pustaka dari komponen-komponen perangkat lunak dan routines yang digunakan oleh programmer:
- Xwindows : Xtoolkit & Motif
- Macintosh : Mac Toolbox, MacApp
- Windows : Windows Developer’s Toolkit
- Java : Swing

Bagaimana cara kerja toolkit, apa yang sebenarnya disediakan olehnya, bagaimana 
mengaturnya?
– User mengadakan aksi, berinteraksi dengan interface.
– Aksi-aksi tersebut harus disampaikan kepada aplikasi dalam cara-cara yang penuh arti.
– Aplikasi melakukan aksi yang sesuai, mungkin memperbaharui tampilan.

Model Seeheim
- Model Percakapan

Model Objek
- UI adalah kumpulan objek yang saling berinteraksi.
- User secara langsung memanipulasi objek-objek tersebut.
- Objek-objek bertanggung jawab untuk mentransmisikan aksi-aksi user ke aplikasi dengan 
cara yang berguna.

Object Oriented System
- Pemrograman GUI Java dikerjakan dengan AWT dan Swing.
- Lebih banyak model terdistribusi.
- Aksi utama disini adalah mengirimkan event ke objek-objek sebagai pesan.
- Pendelegasian yang penting dapat membuat beberapa objek tertentu bertanggung jawab 
untuk menangani event.

GUI Builder Tools (Alat Pembuat GUI)
- Mengapa membangun interface grafis dengan perintah-perintah tekstual?
- Mengapa tidak menunjukkan apa yang Anda suka?
- Visual builder tools: Visual Basic, Visual C++, Borland Delphi, Symantec Café.
Metode-metode Tool
- Area kerja (interface yang sedang dibangun).
- Pindahkan dan letakkan interaktor ke dalam area kerja.
- Spesifikasi lokasi, warna, tampilan, dsb.
- Biasanya menyediakan mode Build/Pengujian

Komentar