Prototyping : Pengertian, Dimensi, Terminologi, Metode, Tools

Prototyping

 

Prototyping - dhexx

Mata kuliah: Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)


Pengertian

    Prototype adalah sebuah metode dalam pengembangan produk dengan cara membuat rancangan, sampel, atau model dengan tujuan pengujian konsep atau proses kerja dari produk. Prototype sendiri bukanlah produk final yang nantinya akan diedarkan. 
    Prototype dibuat untuk kebutuhan awal development software dan untuk mengetahui apakah fitur dan fungsi dalam program berjalan sesuai dengan kebutuhan yang telah direncanakan. Sehingga pengembang produk dapat mengetahui kekurangan dan kesalahan lebih awal sebelum mengimplementasikan fitur lain ke dalam produk dan merilis produk.

Prototyping - dhex



Rapid Prototyping
- Proses membangun model dari suatu sistem. 
- Bentuk awal (contoh) atau standar ukuran dari sebuah objek.
- Adalah satu metode pengembangan perangkat lunak.

    Rapid Prototyping (RP) dapat didefinisikan sebagai metode-metode yang digunakan untuk membuat model berskala (prototipe) dari mulai bagian suatu produk (part) ataupun rakitan produk (assembly).


Dimensi

1. Representasi
Dari sebuah prototyping dapat dipertanyakan apakah hasilnya nanti akan dipresentasikan dalam sebuah konteks tekstual (kata-kata berbentuk narasi) atau dilengkapi dengan tampilan visual setra diagram yang mendukung alur proses dari sebuah aplikasi.

2. Jangkauan / Ruang Lingkup
Prototyping dapat berupa tampilan antar muka secara umum dan juga bisa dilengkapi dengan tampilan yang telah dilengkapi dengan contoh perhitungan ataupun tampilan data.

3. Eksekutabilitas
Dalam dimensi ini, prototyping dengan kategori kompleks dapat berupa sebuah contoh program “setengah jadi” yang benar-benar dapat dieksekusi atau dijalankan, sehingga terbentuk sebuah simulasi yang seakan-akan nyata bagi para pengguna.

4. Pematangan
Prototyping dapat melalui tahap-tahap tertentu hingga mencapai sebuah tahap yang dianggap “matang” sebelum memulai sebuah proses pembuatan.

-Komunikasi terlebih dahulu yang dilakukan antara pelanggan dengan tim pemgembang perangkat lunak mengenai spesifikasi kebutuhan yang diinginkan
-Akan dilakukan perencanaan dan pemodelan secara cepat berupa rancangan cepat(quick design) dan kemudian akan memulai konstruksi pembuatan prototype
-Prototipe kemudian akan diserahkan kepada para stakeholder untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut sebelum diserahkan kepada para pembuat software
-Pembuatan software sesuai dengan prototype yang telah dievaluasi yang kemudian akan diserahkan kepada pelanggan
-Jika belum memenuhi kebutuhan dari pelanggan maka akan kembali ke proses awal sampai dengan kebutuhan dari pelanggan telah terpenuhi


Terminologi

1. Prototype Horisontal 
Sangat luas, mengerjakan sebagian besar interface, tetapi tidak mendalam,
kemampuan sistem hanya ditampilkan sebagian.
2. Prototype Vertikal 
Semua interface ditampilkan tetapi kemampuannya tidak ditampilkan.
3. Early Prototyping (prototipe cepat)
4. Late Prototyping (prototipe lambat)
5. Low-fidelity Prototyping (prototype dengan tingkat ketepatan yang rendah)
Contoh: storyboard, sketsa, wizard-of-oz.


Metode

1. Stereolithography (SLA atau SL) 
    Adalah teknologi cetak 3D yang digunakan untuk memproduksi model, prototipe, pola, dan bagian
    produksi.
2. Laser sintering selektif (SLS)
    Adalah teknik manufaktur aditif yang digunakan untuk produksi rendah volume model prototipe dan
    komponen fungsional.
3. Laminated object manufacturing (LOM) 
    Adalah permodelan di dalamnya, lapisan kertas perekat berlapis, plastik, atau laminasi logam
    berturut-turut direkatkan dan dipotong menjadi berbentuk dengan pisau atau
    cutter laser.
4. Fused Depsition Modelling (FDM)
5. Solid Ground Curing (SGC)


Tools

1.    Draw/Paint Program
        - Menggambar setiap layar, baik untuk dilihat. 
        - Prototype horisontal, tipis.
          contoh: Photoshop, Coreldraw 

2. Scripted Simulations/Slide Show
        - Letakkan tampilan seperti storyboard dengan (animasi) perubahan diantaranya. 
        - Dapat memberikan user catatan yang sangat spesifik. 
        - Disebut chauffeured prototyping.
           contoh: Powerpoint, Hypercard, Macromedia Director, HTML. 

3. Interface Builders
        - Tools untuk menampilkan jendela, kendali, dan lain-lain dari interface.
           contoh: Visual Basic, Delphi, UIMX. 

Komentar