Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi

dhexx blog

Mata kuliah: Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)


Jenis-jenis kesalahan dan slip

• Kesalahan Capture
Adalah kesalahan karena terlalu sering atau sudah kebiasaan.
• Kesalahan Deskripsi
Adalah kesalahan dalam melakukan aksi pada objek yang salah. Contoh : klik ‘X’ untuk menutup editor, 
tetapi yang di klik adalah ‘X’ aplikasi. Otomatis aplikasi akan close.
• Kesalahan Data Driven
Adalah kesalahan karena pengaruh data dari area edit. Contoh : menulis nama file dengan sesuatu yang 
terbaca di sekitar windows, atau menulis nama file dengan menulis nama yang sama yang sudah ada 
didalam disk atau tempat penyimpanan.
• Pengaktifan Asosiatif
Adalah kesalahan karena pengaruh data yang ada di dalam pikiran user saatitu. Contoh : mirip dengan 
Kesalahan Data Driven, tetapi ini berkaitan dengan sesuatu yang ada di pikiransi - user pada saat itu.
• Hilangnya Pengaktifan
Adalah kesalahan karena lupa apa yang seharusnya dilakukan. Contoh : user lupa mau mengetikan apa yang 
mau dia ketik.
• Kesalahan Mode
Adalah kesalahan akibat lupa ada di dunia mana. Contoh : mengetikan suatu perintah padahal dia sedang 
berad apa dapengeditan teks.


Petunjuk pencegahan kesalahan

• Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
• Menggunakan teknik koding yang baik, misalnya dengan menggunakan petunjuk warna atau gaya pada 
kesalahan koding tersebut.
• Memaksimalkan pengenalan dan mengurangi hafalan - hafalan yang membuat sipengguna menjadi stress 
berfikir kalau terjadi kesalahan.
• Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
• Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
• Uji dan memantau kesalahan – kesalahan dan memperbaikinya.
• Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misal : user tak sengaja menghapus 
file yang menyebabkan file terhapus.


Petunjuk memperbaiki kesalahan

• Menyediakan tipe – tipe tanggapan yang sesuai, menggunakan nada positif, jangan memarahi user, dan 
menggunakan tata bahasa atau istilah - istilah yang baik.
• Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah.
• Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
• Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastic dan bersifat merusak.
• Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
• Mengembalikan kursorke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
• Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
• Menyediakan akses cepat kepada bantua nuntuk konteks – sensitif


Jenis dokumen dan alat bantu.

Jenis dokumen dan alat bantu dibedak menjadi 2 yaitu:
1. Paper-based (tercetak)
Keunggulan menggunakan paper-based yaitu:
• Pengguna dapat menggunakannya di luar masa pengerjaan tugas
• Pengguna dapat menuliskan catatan tertentu yang diperoleh saat menjalankan sistem.
Kekurangannya yaitu :
• Agak sulit mendeskripsikan sesuatu yang bergerak
• Sulit menyesuaikan antara sesuatu yang dibaca dengan kenyataan sebenarnya di dalam sistem
• Pengguna akan kesulitan membaca saat menjalankan sistem, karena kurang praktis.
2. Computer-based
Jenis computer-based yaitu :
• Command assistance. Ditemui pada sistem DOS dan UNIX. Pengguna dapat menggunakan bantuan dengan 
mengetikkan parameter tertentu.
• Command prompts. Jenis bantuan yang biasanya tampil bila pengguna melakukan kesalahan sederhana misalnya 
kesalahan sintaks
• Context sensitive help. Jenis ini berbentuk menu based system yang menyediakan bantuan pada menu option.
• Online tutorial. Mengijinkan user bekerja melalui aplikasi dasar dengan lingkungan percobaan. User dapat melihat 
kemajuan sesuai dengan kecepatan dan dapat mengulangi bagian dari tutorial yang dia inginkan. Kebanyakan tutorial 
online tidak mempunyai bagian intelligent, karena tidak mempunyai pengetahuan tentang user dan pengalaman user 
sebelumnya.
• Online documentation. Jenis ini tersedia secara online di internet/ intranet, khususnya untuk aplikasi yang diproduksi 
secara massal.
• Intelligent Help System. Dioperasikan untuk memonitoring aktifitas user dan mengkonstruksikan model sesuai dengan 
user. Model ini termasuk pengalaman, preferences, kesalahan user atau kombinasi dari semuanya.


Isu presentasi

• Bagaimana help dan dokumentasi dipanggil? Pilihan pertama bagi perancang untuk membuat bagaimana bantuan 
dapat diakses oleh user. Bantuan ini dapat berupa command, tombol fungsi yang dapat memilih on atau off atau 
aplikasi yang terpisah.
• Bagaimana help dan dokumentasi ditampilkan? Dalam sistem window akan ditampilkan dalam window yang baru. 
Dalam sistem lain mungkin dalam layar yang penuh atau bagian dari layar. Alternatif lain dapat berbentuk pop-up box 
atau tingkat command line.
• Bagaimana help dan dokumentasi memiliki keefektifan? Tidak menjadi masalah teknologi apa yang digunakan untuk 
membuat help dan dokumentasi, tetapi yang perlu diperhatikan yaitu prinsip keefektifan.
• - Pengaturan dokume

Komentar