Kebergunaan (Usability) Desain Proses dan Kemampuan Manusia

 Kebergunaan (Usability), Desain Proses,  dan Kemampuan Manusia



Mata Kuliah: Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
Materi ke: 2



Definisi Kebergunaan

    Derajat kemampuan sebuah perangkat lunak untuk membantu penggunanya menyelesaikan sebuah tugas.

Sistem yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan permasalahan mereka adalah sistem yang:

✤Berguna (useful)
Sistem yang berfungsi seperti yang diinginkan oleh penggunanya 
✤Dapat digunakan (usable)
sistem yang mudah dioperasikan 
✤Digunakan (used)
Sistem yang memotivasi penggunanya untuk menggunakannya, menarik, menyenangkan, dan lain-lain.


Komponen kualitas untuk menentukan kebergunaan sistem yaitu:

1. Learnability
    Kemudahan untuk dipelajari kualitas sistem yang menunjukkan apakah sistem mudah untuk dipelajari dan digunakan.
  • Pengguna tidak suka menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari cara sistem bekerja.
  • Pengguna ingin dengan cepat menggunakan sistem tersebut dan merasa berkompeten untuk melakukan pekerjaan tanpa banyak kesulitan 
2. Efisien
    Cara yang dapat dilakukan sistem untuk mendukung pengguna dalam melakukan pekerjaannya lebih sedikit langkah yang diperlukan dan lebih sederhana langkah-langkah tersebut untuk mendapatkan hasil yang sama, 
contoh: 
  • tombol tunggal pada mesin penjawab otomatis 
  • one-click shopping: Amazon.com 
3. Memorability
Mudah diingat 
  • Kemampuan sistem untuk mudah diingat, baik dari sisi fitur yang ada maupun cara pengoperasiannya.
  • Sistem memberi semacam hint untuk pengguna yang sudah pernah menggunakan suatu sistem, tetapi yang karena suatu alasan menjadi jarang menggunakannya.

4. kesalahan dan keamanan
  • Perlindungan kepada pengguna terhadap kondisi dan situasi yang tidak diinginkan dan berbahaya, misalnya konfirmasi penghapusan berkas.
  • istem yang mempunyai menu pertolongan yang dapat digunakan oleh pengguna bertanya ketika mereka mangalamai kesulitan ketika mengoperasikan sistem tersebut 
5. Kepuasaan 
  • Menunjuk kepada suatu keadaan dimana pengguna merasa puas setelah menggunakan sistem tersebut karena kemudahan yang dimiliki oleh sistem.
  • Semakin pengguna menyukai suatu sistem, secara implisit mereka merasa puas dengan sistem yang dimaksud 

Komentar