Audio dan Agent

 


Mata Kuliah: Interaksi Manusia dan Komputer


Audio

Audio sering disebut sebagai media komunikasi. Audio dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Contohnya pada radio dan televisi.


Audio dan Agent

Audio terbagi 2 yaitu : 

1. Audio Speech

Specch dalam interface berguna untuk keadaan : Tangan user sibuk, mata user harus memperhatikan sesuatu kondisi yang tidak memungkinkan menggunakan keyboard.

2. Audio Non Speech

Audio Non Speech digunakan sebagai alarm dan warning, atau status information. Penampilan informasi yang redundan dapat meningkatkan kinerja user. Contohnya, user dapat mengingat suara yang mencerminkan icon tertentu, tapi bukan tampilan visualnya. 


 Perbedaan speech dan non-speech: 

Speech

User harus mendengarkan keseluruhan kalimat sebelum mengerti maksudnya, sehingga membutuhkan waktu yang panjang. 

Non – speech

Dapat diasosiasikan dengan kejadian khusus, dan waktu yang dibutuhkan lebih pendek


AGENT

Agents adalah segala sesuatu yang dapat melihat, mengartikan, mengetahui (perceiving) linkungannya melalui alat sensor (sensors) dan bertindak (acting) melalui alat aktuator (actuators) 

  •  Manusia sebagai agent : mata, telinga dan organ lainnya sebagai sensors; tangan, kaki, mulut dan bagian tubuh lainnya sebagai actuators
  • Robot sebagai agent : kamera dan pejejak infra merah sebagai sensors; berbagai motor pengerak sebagai actuators
  • Software sebagai agent : tekanan pada keyboard, isi file dan paket-paket pada jaringan sebagai masukan sensors; tampilan pada layar, penulisan file dan pengiriman paket jaringan sebagai keluaran actuators 

Tipe – Tipe Agent 

a. Goal - based Tujuan - tujuan tertentudapat dicapai dengan cara-cara berbeda. 
b. Utility – based Agent membutuhkan tujuan untuk mengetahui situasi mana yang diharapkan. Akan menjadi sulit ketika urutan yang panjang dari tindakan tindakan (actions) dibutuhkan untuk mencaritujuan. 
c. Learning Semua program-program agent terdahulu mendeskripsikan metode untuk memilih tindakan-tindakan (actions). 

USER INTERFACE AGENT 

Agent membantu user dalam penggunaan interface. Jenis-jenis agent antara lain: 
  1. Manipulasi langsung. User memulai tindakan dan menggunakan agent secara langsung.
  2. Manajemen tidak langsung. Proses kerja sama dimana manusia dan komputer bersama-sama memulai tindakan.

USER INTERFACE AGENT

Personal assistant merupakan agent yang termasuk autonomous agent yang membantu user untuk menyelesaikan tugas. Sifat personal assistant antara lain: 
  1. Tingkatannya bisa diubah
  2. Menggunakan petunjuk
  3. Menggunakan inisiatif 

Komentar